Apa Sih Social Engineering dan Apa Saja Fungsinya Untuk Kita

Dunia yang kita tinggali sekarang ini sudah semakin tua. Perkembangan pun terjadi di hampir semua aspek, khususnya teknologi. Setiap harinya sebuah teknologi baru lahir dari tangan para ilmuwan. Komputer dan internet merupakan salah satu unsur teknologi baru yang tumbuh sejak puluhan tahun yang lalu. Sayangnya sehebat apapun teknologi yang diciptakan, nampaknya masih belum bisa menanggulangi kejahatan.

social engineering

Salah satu sistem kejahatan yang banyak dimanfaatkan hacker masa kini adalah social engineering. Teknik yang satu ini sering digunakan dalam penipuan untuk memperoleh suatu data rahasia dari korban. Cara memperoleh datanya adalah secara langsung kepada korban atau pihak lain yang dianggap mengetahui hal tersebut. Kedengarannya seperti sepele dan tidak mungkin terjadi dengan mudah begitu saja, tetapi hal yang satu ini sebenarnya dapat merugikan siapa saja yang lengah.

Mengenal Social Engineering Lebih Jauh

Komputer dianggap sebagai sebuah teknologi canggih ketika baru pertama kali keluar. Sistem keamanan yang ditawarkan pun selalu berkembang setiap tahunnya. Banyak yang beranggapan bahwa tidak akan ada yang bisa membobol sistem keamanan yang telah diciptakan oleh komputer. Tetapi banyak yang melupakan aspek paling lemah dalam sebuah sistem jaringan. Aspek ini adalah manusia.

Hampir seluruh interaksi komputer yang terjadi masih melibatkan manusia di dalamnya. Dalam social engineering, aspek terlemah inilah yang menjadi sasaran. Hacker yang menggunakan social engineering memperoleh informasi tentang targetnya dengan cara bertanya langsung kepada korban.

mengenal social engineering

Celah keamanan dalam sebuah sistem jaringan semuanya bersifat sama, dan bertumpu pada manusia. Meskipun sudah diciptakan platform, sistem operasi, protokol, serta software dan hardware yang mumpuni, tetap tidak akan ada gunanya jika secara fisik sistem masih bisa dibobol lewat manusia yang menggunakannya. Maka dari itu manusia bisa menjadi ancaman dalam sebuah sistem jaringan.

Meskipun terlihat sepele dan mudah, metode social engineering ini juga tetap harus dipelajari. Ada persiapan yang perlu dilakukan oleh hacker yang akan melakukan teknik yang satu ini. Tidak jarang juga persiapan pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Mengapa manusia menjadi faktor paling lemah dalam sebuah sistem jaringan? Tidak bisa dipungkiri walau pun zaman sudah semakin maju, tetapi masih ada saja manusia yang belum mau maju. Sistem keamanan yang telah dibuat sedemikian rupa tidak akan berguna jika ditangani oleh manusia yang tidak berkompeten atau kurang mengerti masalah keamanan.

Hal-hal sepele seperti menggunakan password yang mudah ditebak atau lupa logout akun akan menjadi jalan tol yang lancar bagi para hacker untuk mengakses data. Tidak hanya harus yang berhubungan dengan aktivitas di internet saja, bahkan ketika anda sembarangan membuang bukti transaksi ATM, bisa menjadi sebuah informasi yang dimanfaatkan oleh orang lain.

Metode yang Bisa Dilakukan di Dalam Social Engineering

Metode apa yang biasanya digunakan dalam social engineering? Tentunya ada bermacam-macam. Biasanya ada pelaku yang langsung meminta informasi pribadi ke calon korban. Cara yang satu ini jarang berhasil. Ada juga pelaku yang menggunakna identitas palsu. Contoh kasusnya yang baru-baru terjadi adalah penipuan dengan modus transportasi online. Tersangka mengaku sebagai pihak dari sebuah perusahaan transportasi online yang ingin mengirim hadiah.

apa itu social engineering

Ada juga hacker yang tidak melakukan kontak secara langsung kepada calon korban, tetapi melalui email atau social media. Cara utama untuk menanggulangi masalah ini tentunya adalah anda harus lebih berhati-hati. Khususnya dalam mengakses segala macam hal yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer dan internet. Seperti juga pada situs ataupun agen judi bola online, yang mengklaim telah memiliki keamanan yang tinggi, namun sebaiknya kita tetap berhati-hati dan selalu waspada.